Mengatasi Gas Motor Berat

Mengatasi gas motor berat : Pentingnya melakukan pengecekan kabel gas motor

Motorscene.id – Motor zaman now pasti sudah banyak menerapkan teknologi canggih, sebut saja motor injeksi. Motor injeksi rata-rata sudah menggunakan dua kabel gas. Akan tetapi, tak hanya motor injeksi saja, motor yang masih menggunakan karburator pun juga sudah memilikinya.

Mengatasi Gas Motor Berat : kabel gas
kabel gas

Kabel gas merupakan bagian yang perlu diberi perhatian juga dalam perawatannya. Karena kabel gas bisa bermasalah kalau sudah macet yang membuat tarikan gas terasa berat, hal ini bisa berbahaya bagi pengendara apalagi kalau kabel gas sampai putus ketika dijalan. Karena itu pentingnya bagi pengendara motor untuk mengecek kabel gas yang kira-kira sudah terasa terlalu kencang atau malah terlalu kendur.

Penyebab kabel gas motor berat biasanya karena faktor kotor oleh debu yang sudah menumpuk dalam kabel atau beberapa seratnya yang mulai putus, bisa juga karena kabel gas tersangkut dalam posisi terbuka dan tidak tertutup lagi saat gas dilepas. Selain itu, menarik tuas gas yang jarang diberi pelumas akan terasa lebih berat.
Nah, motorscene.id punya tips nih buat anda yang ingin merawat kabel gas sendiri jika tidak sempat melakukannya di bengkel.

mengatasi gas motor berat
kabel gas

Berikut Cara Mengatasi Gas Motor Berat:

1. Siapkan cairan pembersih atau oli untuk membersihkan kabel gas

mengatasi gas motor seret : cairan pembersih
Cairan Pembersih

Disini anda bisa menggunakan WD-40 untuk membersihkan motor injeksi. Sedangkan motor yang masih menggunakan karbu bisa dibersihkan hanya dengan oli atau bensin.

2. Lepas handle grip

Buka baut antara katup kabel yang menempel pada tuas gas.

3. Masukan oli atau cairan pembersih kedalam selang

Sambil menarik kawat keluar masuk secara berulang. Pastikan debu sudah tidak menempel pada kabel.

4. Jika dirasa bersih

Pasang kembali kabel pada tuas gas dan oleskan gemuk di pipa stang agar mempermudah mengendalikan kabel gas saat dilakukan tarikan.

Jika sudah mencoba cara tersebut, periksa kembali pemasangan kabel gas motor anda apakah pegangan gas sudah kembali ke posisi semula saat pegangan gasnya dilepas. Pastikan kabel tidak melilit apalagi mengganggu saat menarik gas. Cek selalu kondisi kabel gas anda paling tidak dua sampai tiga kali dalam setahun.

Jika anda ingin melakukan touring rawatlah serutin mungkin agar otot tangan tidak cepat pegal saat menarik gas. Apabila serat kawat pada kabel gas sudah banyak yang putus lebih baik segera ganti dengan yang baru. Harga untuk kabel gas sendiri terbilang cukup murah hanya sekitar 35.000 rupiah dan bisa didapatkan di bengkel yang menjual spare-part.
Sekian tips yang kami berikan untuk mengatasi gas motor berat semoga bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba.

Post Terkait

Post Menarik Lainya :
Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas
Debu Pada Kabin Mobil ? Coba Karpet dasar dan sarung jok mobil dari bahan kulit
Cara menghindari stres ketika jalanan macet!!-
Poles Lampu : Headlamp Polish bikin mobil terlihat fresh seperti baru kembali
OLI MOBIL LCGC: ‘Shell Helix Eco’ Pelumas khusus untuk mobil LCGC
Balap liar mobil di jakarta pada malam hari : 3 lokasi yang sering di jadikan arena
Sabuk Pengaman Mobil Kendur: Jangan Keburu Dibongkar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *