Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

TIPS BELI MOBIL BEKAS: membeli mobil bekas berkualitas

Mobil bekas berkualitas : pasar mobil
Pasar mobil

Hal terpenting adalah tetapkan pilihan jenis mobil yang ingin anda beli. Kuasai mobil tersebut dari mulai tipe hingga spesifikasinya, kemudian cari informasi harga pasar dan plus minus dari mobil tersebut melalui internet atau teman anda yang juga memakai atau pernah memakai mobil tersebut, atau bisa juga dari forum-forum komunitas.

Untuk mencari mobilnya, bisa dengan menggunakan beberapa web dan aplikasi online ternama jual beli mobil bekas atau bisa anda cari melalui koran. Kalau punya cukup waktu, anda bisa hunting ke beberapa tempat pasar mobil yang ada di Jakarta, seperti di pasar mobil Kemayoran, bursa mobil MGK, WTC Mangga Dua, bursa mobil Kelapa Gading, atau di daerah Kalimalang juga banyak showroom mobil bekas berkualitas disana.

mobil bekas berkualitas : cari dari Pemakai pribadi atau showroom?

Akan lebih baik jika anda membeli dari pemakai langsung, karena selain harga bisa lebih murah, juga bisa di jelaskan plus minus mobil secara rinci dari awal orang tersebut memakainya.

Berbeda dengan pemakai pribadi yang biasanya menjual mobil apa adanya, kebanyakan pedagang atau showroom menjual mobil yang sudah mereka reparasi atau sudah dilakukan perbaikan umumnya pada eksterior (bodi mobil) sebelum di jual kembali.

Berikut tips dari kami untuk anda yang ingin membeli mobil bekas berkualitas:

1. Cek Eksterior (bagian luar mobil)

Bodi mobil yang sudah di reparasi atau di cat ulang pastinya sudah tidak seratus persen sama dengan buatan pabrik. Artinya buatan pabrik dengan teknologinya adalah yang terbaik. Anda harus bisa membedakan area-area yang kemungkinan sudah pernah di reparasi atau cat ulang. Kalau dempul kurang rata atau cat tidak sama pastinya akan terlihat kontur yang bergelombang atau istilahnya “keriting” dan warna cat juga akan terlihat belang atau tidak sama dengan panel yang masih asli. Pastikan juga bodi mobil dan casis tidak ada yg karat atau kropos.

2. Kondisi Ban

Ini penting karena jika anda mendapatkan mobil bekas berkualitas dengan kondisi ban yang masih lumayan tebal itu sangat bagus untuk menghemat pengeluaran, karena dalam waktu dekat anda tidak perlu dulu untuk mengganti ban. Kalau sudah tipis, anda bisa melakukan negosiasi pengurangan harga untuk alasan itu. Jangan lupa kalau ban juga ada batas waktu alias kadarluasa. Setelah lima tahun ban harus di ganti walaupun dalam kondisi masih tebal sekalipun. Anda bisa lihat kode tanggal produksinya dipinggir ban bagian luar.

3. Cek Interior

Mobil bekas berkualitas : interior
interior

Kalau bicara interior memang agak sakral karena disitulah letak kenyamanan yang paling dekat dengan kita. Interior yang bersih dan terawat sangat penting untuk kenyamanan dalam berkendara. Yang terpenting, tidak ada tombol-tombol indikator yang hilang atau patah dan pastikan semua berfungsi dengan baik. Periksa juga jok dan atap kabin, jangan sampai ada bolong terkena rokok atau benda tajam.

4. Cek Bagian Mesin

mobil bekas berkualitas : mesin
mesin

Buka kap mesin lalu periksa sekeliling, kalau terdapat cat yang relatif baru, itu bisa jadi kemungkinan mesin pernah diturunkan. Penyebabnya bisa berbagai macam, bisa bekas terkena banjir atau bekas tabrakan dan sebagainya.

Kemudian pastikan tidak terdapat kebocoran oli atau bahan bakar pada mesin. Amati seluruh bagian mesin dan pastikan tidak ada rembesan oli atau cairan lainnya. Biasanya pedagang yang nakal akan menutupi kerusakan ini dengan cara mencuci mesin mobil supaya tidak terlihat oli yang rembes.

Pastikan juga suara mesin mobil terdengar halus ketika dihidupkan. Mobil yang sehat dan terawat saat dihidupkan dari keadaan dingin akan langsung konstan menyala dan tidak tersendat-sendat. Jika tersendat, kemungkinan aki mobil bermasalah atau mobil sudah lama tidak diservice sehingga kinerja mesin terganggu.

Semua lampu indikator pada speedometer otomatis akan serentak menyala ketika kontak mobil dihidupkan dan akan langsung mati kembali setelah mesin hidup. Jika ada yang masih menyala contohnya indikator tempratur pada saat mesin sudah panas, kemungkinan besar ada masalah pada radiator. Kemudian jika yang menyala indikator oli atau oil pressure warning maka ada kerusakan sistem sirkulasi mobil pada mobil tersebut.

5. Tes Kaki-kaki & tes jalan untuk mesin

Mintalah izin supaya anda diperbolehkan melakukan test drive sebelum anda deal membeli. Tujuannya supaya anda bisa merasakan performa mesin, perpindahan transmisi, pengereman dan kaki-kaki pada mobil tersebut.

6. Kelengkapan Buku-Buku & Dokumen

Periksa semua dokumen kendaraan dari STNK, BPKB, faktur pembelian, hingga Manual Book dan Service Berkala. Kalau pajaknya sudah dekat, usahakan untuk meminjam KTP pemilik satu kali agar anda tidak langsung balik nama. Untuk lebih aman, anda bisa cek dokumen ke polda atau samsat.

Jika masih kurang percaya diri, anda bisa mengajak teman, keluarga, atau orang yang mengerti tentang otomotif untuk menemani anda dalam perburuan mobil bekas berkualitas idaman anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Post Terkait

Post Menarik Lainya :
Mengatasi Gas Motor Berat
Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas
Debu Pada Kabin Mobil ? Coba Karpet dasar dan sarung jok mobil dari bahan kulit
Cara menghindari stres ketika jalanan macet!!-
Poles Lampu : Headlamp Polish bikin mobil terlihat fresh seperti baru kembali
OLI MOBIL LCGC: ‘Shell Helix Eco’ Pelumas khusus untuk mobil LCGC
Balap liar mobil di jakarta pada malam hari : 3 lokasi yang sering di jadikan arena
Sabuk Pengaman Mobil Kendur: Jangan Keburu Dibongkar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *