mobil tanpa awak asian games 2018

mobil tanpa awak asian games 2018

Mau coba otonomos Navya Arma di Gelora Bung Karno Jakarta ?

mobil tanpa awak asian games 2018 -NAVYA
mobil tanpa awak asian games 2018 -NAVYA

Asian Games yang tengah berlangsung sejak 18 Agustus sampai 2 September 2018 mendatang di Jakarta dan Palembang memang menyita perhatian rakyat Indonesia khususnya warga Jakarta. Jika kalian sudah menyaksikan beberapa pertandingan pesta olahraga yang digelar di stadiun Gelora Bung Karno (GBK) pasti sudah tak asing dengan penampakan baru mobil yang wara-wiri tanpa supir alias otonomos (autonomous) di sekitar kawasan tersebut.

Yap! Itu adalah mobil NAVYA besutan perusahaan mobil asal Perancis yang sudah berdiri sejak 2014. Sebagai pelopor dan spesialis di pasar kendaraan otonom, NAVYA membantu kota dan situs pribadi di seluruh dunia dalam meningkatkan tawaran transportasi mereka dengan solusi otonom, tanpa pengemudi dan listrik.

Mikro bus ini menjadi kendaraan berteknologi otonomos pertama yang beroperasi di Indonesia, ditopang teknologi 5G Telkomsel. Berpenggerak listrik dengan daya Battery Pack kapasitas 33 kWh, dan bertahan selama 9 jam dengan masa charge 7-8 jam. Mobil yang berkapasitas 15 orang ini memiliki 11 kursi dan sisa ruang 4 orang untuk berdiri. Mobil ini memiliki radius putar sangat kecil, dengan dimensi yaitu panjang 4,75 meter, lebar 2,11 meter, serta ground clearance 0,20 meter.

mobil tanpa awak asian games 2018
Mobil tanpa awak yang dihadirkan Telkomsel berkeliling di kawasan GBK (sumber foto: kompas.com/Andreas Lukas Altobeli)

Memang ini pertama kalinya NAVYA hadir di Indonesia, namun tidak untuk Asia. Karena negara-negara seperti Jepang, Singapura, dan Korea Selatan telah mengaplikasikan kendaraan otonom ini. Dan di negara asalnya, Prancis, mobil ini sudah menjadi kendaraan umum. Namun, masyarakat dapat merasakan kecanggihan pengalaman tanpa pengemudi ini, selama 15 menit yang beroperasi di jalurnya di depan Telkomsel 5G Experience Center, seputaran Gelora Bung Karno selama Asian Games 2018 berlangsung.

Kapankah kira-kira mobil NAVYA ini akan beroperasi di Indonesia? Atau sebagai pengganti kendaraan umum?

sumber : navya.tech/en

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *