Tips merawat Power Window kendaraan anda

Tips merawat Power Window kendaraan anda

Tips merawat Power Window kendaraan anda
Tips merawat Power Window kendaraan anda
Dok Instagram

Salah satu komponen terpenting pada interior kendaraan anda adalah Power Window. Power Window digunakan untuk membuka dan menutup kaca kendaraan anda secara otomatis. Berbeda dengan dulu yang masih banyak menggunakan tuas, sekarang hampir seluruh keluaran mobil baru sudah menggunakan Power Window bahkan dengan fitur-fitur canggih seperti Auto-Up dan Auto-down, yang dapat menurunkan dan menaikan kaca hanya dengan sekali pencet. Bahkan di beberapa tipe mobil tertentu sudah dilengkapi dengan fitur Jam Protection, yang berfungsi untuk melindungi bagian tubuh dari kemungkinan terjepit kaca.

Seiring bertambahnya usia kendaraan dan pemakaian yang rutin, Power Window sering sekali terjadi masalah pada fungsinya. Contoh kasus yang sering terjadi pada Power Window adalah :

1. Saat tombol Power Window ditekan, kaca jendela kadang naik kadang tidak. Masalah ini kemungkinan karena sakelar Power Window rusak. Jika hal ini terjadi di bagian pintu penumpang, operasikan melalui kaca yang terdapat di pintu pengemudi.

2. Terdengar bunyi kasar. Apabila bunyi berasal dari dalam pintu, kemungkinan penyebabnya adalah Regulator Power Window di dalam pintu sudah mulai rusak. Agar kerusakan tidak semakin parah, sebaiknya jangan mengoperasikan Power Window.

3. Proses naik-turun kaca tidak lancar atau seret, dan terdapat baret di salah satu sisi kaca jendela. Hal ini bisa disebabkan jalur pada kaca dalam kondisi kering, miring atau keluar dari jalurnya.

Tips merawat Power Window kendaraan anda
Tips merawat Power Window kendaraan anda
Dok Instagram

Untuk menghindari kerusakan-kerusakan seperti diatas, anda dapat mencegahnya dengan melakukan perawatan pada Power Window kendaraan anda.

Berikut Tips merawat Power Window kendaraan anda dari motorscene.id agar Power Window tidak cepat rusak :

1. Sebaiknya anda rutin memeriksa kondisi Power Window kendaraan anda secara berkala setiap enam bulan sekali di bengkel spesialis Power Window.

2. Saat tidak dipakai, ada baiknya anda mengunci Power Window apa lagi saat membawa anak kecil agar lebih aman dan pastinya akan lebih awet.

3. Agar lebih awet, sebaiknya anda rajin untuk membersihkan Karet Kaca Mobil dan Rel Power Window. Hal ini dilakukan agar fugsi Power Window dapat bekerja dengan baik.

4. Jangan selalu menggunakan Power Window. Jika bisa membuka pintu untuk bayar tol atau mengambil karcis lebih baik dilakukan supaya Power Window lebih awet.

5. Perhatikan juga kebersihan kaca mobil. Jangan sampai sangat kotor hingga kotoran sering terbawa oleh kaca kedalam bagian motor Power Window. Hal ini jelas dapat merusak motor Power Window.

Demikian tips dari kami motorscene.id semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *